Minggu, 15 Januari 2012

TINJAUAN MENYELURUH PROSES BISNIS

TINJAUAN MENYELURUH PROSES BISNIS
Kegiatan Bisnis dan Kebutuhan Informasi
Dalam mencapai tujuan organisasi, perusahaan melakukan kegiatan-kegiatan bisnisnya. Kegiatan bisnis yang dilakukan setiap perusahaan berbeda-beda, oleh karena itu kebutuhan akan informasi masing-masing perusahaan juga berbeda-beda pula. Karena informasi yang dibutuhkan oleh setiap perusahaan berbeda, maka desain penghasil informasi juga berbeda-beda.
Definisi Proses adalah sekumpulan tindakan mulai dari masukan, kemudian menambahkan nilai untuk mendapatkan keluaran yang diinginkan. Ada awal, ada akhir, serta masukan dan keluaran didefinisikan dengan jelas.
Definisi Bisnis adalah untuk menciptakan hasil yang memiliki nilai (value) untuk seseorang konsumen) yang membutuhkan hasil tersebut.
Proses Bisnis adalah Sekumpulan tugas atau aktivitas untuk mencapai tujuan yang diselesaikan baik secara 
berurut atau paralel, oleh manusia atau sistem, baik di luar atau di dalam organisasi 

Menyediakan Informasi Untuk Pengambilan Keputusan
Fungsi kedua SIA adalah menyediakan informasi yang berguna untuk pengambilan keputusan bagi manajemen.
Informasi yang disediakan SIA terbagi dalam dua kategori yaitu :
  1. Laporan Keuangan
o Menyiapkan neraca saldo, Membuat menyesuaikan entri.
o Siapkan neraca saldo disesuaikan, Menghasilkan laba rugi perusahaan.
o Membuat entri penutupan, Menghasilkan neraca.
o Siapkan laporan arus kas.
2. Laporan manajerial
Penyediaan Pengendalian Internal yang Memadai
adalah menyediakan pengendalian yang memadai dengan tujuan :
1. Menyakinkan bahwa informasi diproses secara bertanggung jawab
2. Menyakinkan bahwa kegiatan bisnis berjalan efisien
3. Melindungi harta perusahaan
Metode Untuk Mencapai Tujuan Pengendalian
1. Dokumentasi yang memadai
2. Pembagian Tugas dan Wewenang
Dokumentasi Yang Memadai
Fungsi / Kegunaan :
• Membantu organisasi secara cepat mengindentifikasikan masalah yann mungkin muncul
• Memastikan bahwa organisasi dapat menjaga komitmennya
Pemisahan Tugas
Pemisahan tugas berkenaan dengan pembagian tanggung jawab dan wewenang .
• Tujuan pemisahan Tugas :
1. Mencegah pegawai memiliki pengendalian penuh atas seluruh aspek transaksi bisnis
2. Membantu menjaga aset
3. Meningkatkan akurasi.
Cara Pemodelan Proses Bisnis :
• Menentukan tujuan, ruang lingkup, dan batasan
• Pemahaman & memetakan proses yang berjalan
• Mengukur kinerja proses
• Menentukan akar masalah (root cause)
• Mengidentifikasi perbaikan proses
• Implementasi perbaikan proses bisnis
KESIMPULAN :
SIA memainkan tiga peran penting dalam organisasi yaitu :
(1) Mengumpulkan dan menyimpan data tentang aktivitas bisnis organisasi
(2) Memproses data untuk menyediakan informasi yang berguna bagi para manajer untuk pengambilan keputusan
(3) Melibatkan prosedur pengendalian internal yang memadai untuk memastikan keandalan informasi yang dihasilkan dan untuk menjaga aset-aset organisasi
REFERENSI :


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar